“Frozen” Bikin Demi Lovato Digugat

Lagu ikonik “Let It Go” dari film animasi “Frozen” kembali jadi berita. Lagu yang dinyanyikan tokoh kartun putri Elsa itu, digugat oleh seorang penyanyi terkenal asal Chili, Jaime Ciero.

Penyanyi pria itu menggugat semua pihak yang terlibat di dalamnya mulai dari pencipta lagu, sampai dua penyanyinya yakni Demi Lovato dan Idina Menzel.

Dikutip dari TMZ, Jaime mengklaim, banyak bagian dari lagu “Let It Go” menjiplak lagu miliknya berjudul “Volar” yang dirilis tahun 2008, atau 5 tahun sebelum “Frozen” meraih sukses besar di seluruh dunia.

Bagian lagu “Volar” yang dicuri menurut Jaime mulai dari lirik, melodi, struktur, sampai tema lagu. Tak disebutkan berapa nilai gugatan kerugian yang diminta Jaime pada Disney Studio.

Yang pasti, dia mengklaim Volar telah mengantarkannya ke jenjang puncak sukses internasional setelah

mendominasi tangga hit dunia, terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa Spanyol.

Walau lebih dulu diposting di YouTube, kepopuleran “Volar”  jauh di bawah “Let It Go”.  Sampai sekarang lagu “Let It Go” sudah ditonton oleh lebih dari 1,249 miliar penonton, sebaliknya “Volar” hanya ditonton 14.717 pengguna kanal berbagai video itu.

Idina Menzel tercatat sebagai penyanyi pertama yang merekam lagu “Let It Go” di dalam film. Demi Lovato kemudian merekam ulang dalam bentuk lagu single. Frozen yang dirilis tahun 2013

mengisahkan persaudaraan antara kakak beradik Putri Elsa dan Putri Anna, yang suaranya diisi artis Kristen Bell.

Kemampuannya yang bisa mengubah apapun menjadi es memaksa Elza untuk mengasingkan diri. Dibumbui jalinan cinta dan intrik perebuatan takhta Negeri Arendell, Elsa akhirnya mampu mengendalikan kemampuannya kemudian menjadi ratu.

Frozen yang dibuat Disney dengan bujet mencapai USD 150 juta  diperkirakan membukukan pendapatan kotor mencapai  USD 1,279 miliar. Walau kini berangsur-angsur  dilupakan, film animasi berdurasi  1 jam 42 menit ini diprediksi  tetap menjadi mesin uang bagi Disney.

Selain dari royalty film  itu sendiri, pendapatan juga diperoleh dari penjualan merchandize serta produk lain berbau Frozen.  Gugatan yang dilancarkan Jaime bersamaan dengan terus munculnya kabar bahwa Disney akan melucurkan “Frozen 2” di tahun 2019.

Apakah ini berarti Jaime ingin numpang tenar, atau strategi Disney agar produknya terus dinanti penggemar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *