Posted on

Inilah Kira Petinju Profesional Berumur 9 Tahun Asal Ukraina

bocah asal ukraina kira petinju profesional berumur 9 tahun

 

petinju 9 tahun asal Ukraina
Kira Makogonenko Bocah Petinju Asal Ukraina

Kira Makogonenko, petinju 9 tahun asal Ukraina ini tak bisa diremehkan. Sejak terjun di dunia tinju setahun lalu, bocah perempuan asal Ukraina ini sudah memenangi 9 kali pertandingan. Dan yang mengagetkan lagi, pertandingan yang diikuti bocah berjuluk “Pink Panther” ini bukan pertandingan tinju pencarian bakat alias amatir, tapi pertandingan tinju profesional.

Karena tak banyak bocah yang mau terjun di dunia tinju profesional, pihak penyelenggara pertandingan kerap kekurangan lawan. Alhasil, lawan yang dihadapi Petinju 9 Tahun Asal Ukraina ini adalah petinju laki-laki yang umurnya jauh lebih tua. “Dari sembilan kali bertanding, 5 kali lawan anak laki-laki, sisanya perempuan,” ucap bocah kelahiran tahun 2008.

Bakat Kira ditemukan oleh Artem Makogonenko, yang tak lain dari pelatih sekaligus ayah Kira sendiri. Menurut Artem, baru sebulan berlatih, kemampuan anaknya sudah sama dengan skill bertinju petinju yang berlatih selama satu tahun. Kemauan bocah berambut pirang itu pun sangat kuat hingga tak mengeluh harus menjalani latihan selama 5 jam setiap hari.

Ibu Kira, Ira Makogonenko mengaku awalnya sangat khawatir anaknya memutuskan terjun di tinju profesional. Namun setelah melihat keseriusan sang anak ditambah bimbingan ayahnya, rasa khawatir itu pelan-pelan menghilang. Ira kini mendukung sepenuhnya keinginan Kira dan tak memikirkan lagi sebagian masa kecil buah hatinya habis untuk latihan.

Obsesi Kira dalam waktu dekat adalah menjadi ratu atau raja tinju anak di Ukraina. Setelah beberapa tahun “berkuasa” dia ingin merambah Olimpiade. “Bukan sekali jadi juara Olimpide, tapi tiga kali,” ucapnya antusias. Bila melihat umur Kira yang masih sangat muda serta keseriusannya berlatih, sangat mungkin cita-citanya terwujud.

Obsesi utama bocah pirang ini tentunya menjadi juara sejati tinju wanita dunia. Faktanya tantangan bukan hanya diri sendiri dan minimnya pertandingan tinju anak-anak. Kira mungkin belum tahu awalnya tinju wanita apalagi anak-anak masih jadi bahan perdebatan, bahkan di beberapa negara hingga kini dianggap melanggar hukum.

Sejak diperkenalkan di London, Inggris, pada awal abad 18, komisi olah raga setempat langsung menolaknya dengan alasan terlalu sadis dan bertentangan dengan kodrat wanita. Walau tetap mengundang kontroversi, olah raga keras tersebut mulai dikenalkan pada perhelatan Olimpide musim panas tahun 1904 di Saint Louis, Amerika Serikat.

Nyaris seabad terus jadi bahan perdebatan, tinju kaum hawa akhirnya masuk ke dalam cabang olah raga resmi yang dipertandingkan di Olimpiade London 2012, dengan memperebutkan 12 medali.

Mau tahu aksinya? Inilah Kira “Pink Panther” Makogonenko Petinju 9 Tahun Asal Ukraina

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *